7 Makanan yang Wajib Dihindari untuk Memulai Pola Hidup Sehat

Makanan yang Wajib Dihindari untuk Memulai Pola Hidup Sehat
Gambar: eatingreorder.com

Semua orang pasti ingin memiliki hidup yang sehat dan bahagia. Mimpi ini bisa digapai dengan menjalani pola hidup sehat, salah satunya memilih jenis makanan.

Hidup sehat bukan hanya tentang tampilan fisik, tetapi juga mental dan emosional yang stabil. Dengan begitu, kita jadi lebih produktif, energik, dan bahagia.

Namun, untuk memulai semua itu terkadang ada banyak tantangan. Sebagian dari kita tidak sadar kalau makanan yang dikonsumsi sehari-hari punya dampak besar pada kesehatan.

Nah, bagi kamu yang ingin memulai pola hidup sehat, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari. Simak terus artikel ini untuk tahu jawabannya.

Jenis Makanan yang Tidak Sehat

Di era modern seperti sekarang ini tantangan kesehatan semakin kompleks. Apalagi ketika buka medsos selalu ada makanan ataupun minuman yang terlihat menarik dan lezat.

Namun, tak semua hidangan tersebut baik untuk kesehatan kita. Berikut ini kami rangkum jenis makanan yang harus dihindari kalau mau memulai gaya hidup sehat:

1. Fast Food

Di daftar pertama tentunya fast food atau makanan cepat saji wajib dihindari. Jenis makanan ini memang praktis dan lezat, tapi sayangnya, kandungan kalori, lemak jenuh, garam, dan gula terlampau tinggi.

Mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan beralih ke makanan yang lebih sehat dapat mengurangi risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

2. Minuman Botol atau yang Bersoda

Mengonsumsi minuman botolan atau yang bersoda dapat menyebabkan peningkatan berat badan, kerusakan gigi, dan berbagai masalah kesehatan karena kandungan gula yang tinggi.

Sebagai alternatif, cobalah untuk lebih sering mengonsumsi air mineral yang lebih menyehatkan dan harganya juga lebih terjangkau.

3. Daging yang Diolah

Daging olahan juga termasuk jenis makanan yang wajib dihindari untuk memulai gaya hidup sehat. Sebagian besar makanan seperti sosis, nugget, dan makanan kaleng mengandung bahan pengawet, pewarna, dan micin.

Bahan-bahan ini dapat berdampak negatif pada kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Mengonsumsi makanan yang diolah sendiri lebih disarankan untuk menjaga nutrisi di dalam tubuh.

4. Makanan Manis

Kue, permen, dan makanan manis lainnya memang menggoda, tetapi terlalu banyak gula dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes.

Mengurangi konsumsi makanan manis dan memilih camilan sehat seperti buah-buahan dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah dan berat badan kita tetap ideal.

5. Daging Berlemak dan Mentega

Kalau mau memulai pola hidup sehat, kamu harus menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh. Contohnya mentega atau daging berlemak.

Jenis makanan seperti ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Apabila dibiasakan maka akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

6. Makanan yang Terlalu Asin

Pada dasarnya, tubuh kita butuh garam, akan tetapi konsumsi garam secara berlebih tidak baik untuk kesehatan. Makanan yang terlalu asin dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, mulai sekarang hindari penggunaan garam berlebih dalam masakan. Selain itu, jangan konsumsi fast food maupun makanan kaleng.

7. Minuman Beralkohol

Terakhir, mengonsumsi minuman beralkohol sangat tidak baik untuk tubuh. Apalagi bagi umat Muslim, alkohol termasuk zat haram yang sangat dilarang.

Minuman beralkohol dalam kadar berapa pun akan meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti kerusakan hati dan organ lainnya.

Tips Memulai Pola Hidup Sehat

Memulai gaya hidup sehat memang butuh komitmen dan kesadaran yang tinggi. Selain menghindari makanan tidak sehat, ada banyak cara yang bisa kita lakukan.

Berikut beberapa tips memulai pola hidup sehat:

  • Rutin makan buah dan sayuran
  • Konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks, seperti beras merah dan kentang
  • Memilih sumber protein, seperti ikan, dada ayam, kacang-kacangan
  • Minum air mineral yang cukup
  • Batasi asupan kafein dalam tubuh
  • Olahraga secara teratur, bisa jogging ringan atau sekedar jalan santai

Ingatlah bahwa perubahan kecil yang konsisten dapat memberikan hasil yang besar dalam jangka panjang.

Penutup

Dengan menghindari jenis-jenis makanan tidak sehat di atas, kita dapat memulai perjalanan gaya hidup yang lebih sehat dan seimbang. Kamu tidak mau kan di umur 30 an udah sakit-sakitan?

Nah, kalau mau memulai pola hidup sehat dengan bimbingan para ahli, kamu bisa kunjungi eatingreorder.com untuk mendapatkan solusi holistik menuju hidup yang lebih sehat dan bahagia.