13 Jenis Perawatan Gigi di Klinik Gigi, Bikin Lebih Percaya Diri

Jenis Perawatan Gigi di Klinik Gigi

Ada banyak jenis perawatan gigi di klinik gigi yang bikin senyuman lebih indah dan percaya diri. Mulai dari perawatan dasar hingga prosedur pemutihan gigi.

Senyum adalah salah satu aset berharga untuk semua orang. Selain bisa menarik perhatian orang lain, senyum yang indah akan meningkatkan rasa percaya diri.

Untuk memiliki senyum yang mempesona, perawatan gigi yang tepat adalah kuncinya. Bukan hanya menyikat gigi dua kali sehari, tetapi juga perawatan lanjutan yang memastikan kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga.

Jenis Perawatan di Klinik Gigi

Seiring dengan perkembangan teknologi dalam bidang kedokteran gigi, kini ada berbagai perawatan yang dapat membantu kita menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan lebih optimal.

Berikut beberapa jenis perawatan gigi di klinik gigi:

1. Perawatan Rutin

Salah satu perawatan yang pasti ada di klinik gigi adalah perawatan rutin. Tindakan ini mencakup pembersihan gigi atau scaling yang bertujuan untuk menghilangkan plak dan tartar.

Dengan pembersihan gigi secara rutin, kita dapat mencegah berbagai masalah gigi seperti karies, karang, dan penyakit gusi yang disebabkan oleh sisa makanan maupun nikotin rokok.

2. Tambal Gigi Berlubang

Selanjutnya, di klinik gigi juga memiliki layanan tambal gigi. Tambal gigi adalah prosedur untuk memperbaiki gigi yang berlubang atau rusak.

Gigi berlubang biasanya disebabkan oleh karies yang tidak segera ditangani. Prosedur ini dilakukan dengan cara membersihkan area yang terkena karies dan mengisinya dengan bahan tambal yang aman dan tahan lama.

3. Perawatan Saluran Akar

Perawatan saluran akar atau root canal adalah prosedur yang diperlukan ketika kerusakan gigi sudah mencapai bagian dalam atau biasa disebut pulpa.

Prosedur ini melibatkan pengangkatan jaringan yang terinfeksi, pembersihan saluran akar, dan pengisian serta penutupan kembali gigi untuk mencegah infeksi lebih lanjut.

4. Pemasangan Dental Crown

Dental crown adalah penutup yang dipasang pada gigi yang sudah rusak atau lemah untuk mengembalikan bentuk, ukuran, dan kekuatan gigi.

Biasanya, dental crown sering kali digunakan setelah perawatan saluran akar atau setelah gigi sudah mengalami kerusakan yang cukup parah.

5. Bleaching Gigi

Bleaching atau pemutihan gigi adalah jenis perawatan yang juga bisa dilakukan di klinik gigi. Ini merupakan prosedur kosmetik yang bertujuan untuk mencerahkan warna gigi dan menghilangkan noda.

Bleaching gigi ini dilakukan dengan cara menggunakan produk pemutih gigi yang direkomendasikan oleh dokter gigi dan tentunya aman tanpa risiko.

6. Behel atau Kawat Gigi

Pastinya pemasangan behel dan kawat gigi juga tersedia di klinik gigi. Ini adalah prosedur ortodontik yang bertujuan untuk memperbaiki posisi gigi yang tidak rata atau maloklusi.

Behel membantu mengatur gigi agar tersusun rapi, sehingga tidak hanya meningkatkan penampilan tetapi juga mempermudah proses pembersihan gigi.

7. Veneer Gigi

Veneer gigi adalah tindakan medis yang memberikan lapisan tipis di bagian depan gigi. Tujuannya untuk memperbaiki penampilan gigi yang tidak sempurna.

Veneer dapat digunakan untuk mengatasi masalah gigi seperti gigi yang patah, retak, atau perubahan warna yang tidak dapat diatasi dengan pemutihan gigi.

Umumnya, biaya veneer gigi bervariasi. Kalau di klinik gigi dimulai dari Rp. 650.000 hingga lebih dari Rp. 5.000.000 per gigi.

8. Pasang Implan Gigi

Implan gigi adalah prosedur untuk menggantikan gigi yang hilang dengan gigi tiruan yang ditanamkan ke dalam tulang rahang.

Implan gigi memberikan solusi permanen bagi orang yang giginya sudah rusak karena faktor usia atau jarang perawatan. Implan gigi akan terlihat dan berfungsi seperti gigi asli.

9. Pembersihan Gusi

Masih berhubungan dengan perawatan rutin, jenis perawatan yang satu ini merupakan tindakan untuk mengatasi masalah karang gigi yang terletak di bawah garis gusi.

Prosedur ini penting untuk mengatasi penyakit gusi yang lebih serius dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada gusi dan tulang pendukung gigi.

10. Perawatan Gigi Sensitif

Perawatan gigi sensitif di klinik gigi melibatkan penggunaan produk khusus dan teknik untuk mengurangi sensitivitas pada gigi.

Sensitivitas gigi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk pengikisan enamel dan resesi gusi. Masalah ini biasanya akan terasa ketika mengonsumsi minuman dingin atau makanan panas.

11. Pasang Night Guard

Kalau kamu ingin melindungi gigi untuk melindungi kerusakan dari kerusakan akibat bruxism (menggertakkan gigi), di klinik gigi juga melayani pemasangan Night Guard.

Night Guard membantu melindungi gigi dari aus dan mencegah nyeri pada rahang. Tindakan ini sangat penting terutama bagi orang yang punya kebiasaan bruxism.

12. Pencabutan Gigi

Jenis perawatan di klinik gigi atau dokter gigi berikutnya adalah pencabutan atau ekstraksi gigi. Ini merupakan prosedur untuk mencabut gigi yang sudah rusak dan tidak dapat diselamatkan.

Pencabutan gigi sangat diperlukan oleh banyak orang karena kalau dibiarkan akan menimbulkan infeksi, kerusakan yang lebih luas, hingga masalah kesehatan lainnya.

13. Perawatan Gigi Anak

Terakhir, bagi kamu yang ingin si buah hati memiliki gigi bagus, klinik gigi juga melayani perawatan gigi anak. Biasanya, tindakan ini melibatkan pemeriksaan dan perawatan rutin yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Dokter gigi anak membantu menjaga kesehatan gigi sejak dini, memberikan edukasi tentang kebiasaan menyikat gigi, dan memberikan perawatan preventif seperti aplikasi fluoride dan sealant gigi.

Rekomendasi Klinik Gigi yang Bagus

Di Indonesia ada banyak klinik gigi yang menawarkan jenis-jenis perawatan gigi. Tapi tentunya hanya beberapa klinik yang sudah terbukti bagus dan terpercaya.

Happy Dental Clinic termasuk salah satu klink gigi terbaik di Indonesia. Ada banyak alasan kenapa klinik ini jadi pilihan banyak orang.

Selain tempat yang nyaman dan tenaga medis yang profesional, pelayanan di sini juga sangat baik. Semua pengunjung akan dilayani sama tanpa memandang kasta.

Menariknya lagi, Happy Dental Clinic menerima pasien asuransi untuk semakin memberikan kenyamanan pada semua pengunjung.

Disamping itu, klinik gigi ini juga sangat strategis karena punya lebih dari 25 cabang di seluruh Indonesia, termasuk Jakarta, Bali, Batam, hingga Bandung.

Penutup

Dengan berbagai jenis perawatan gigi yang tersedia, kamu dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi gigi. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi terpercaya agar dapat perawatan terbaik.

Demikian ulasan tentang jenis perawatan gigi di klinik gigi yang dapat kamu lakukan. Di berbagai kota di Indonesia pasti ada klinik gigi yang sudah memiliki izin resmi. Tinggal pilih mana yang terdekat dari rumah atau yang pelayanannya lebih bagus.